Sabtu, 19 Maret 2011

ilmu al-mawarits/ilmu al-faraidh

Assalamualaikum..Wr..Wb...

Segala puji bagi Alloh sang Penentu bagian masing-masing ahli waris dan menjadikan hukum warisan bagian dari ilmu syari'at yang sangat penting. Sholawat dan salam kita hadiahkan kepada habibulloh muhammad saw. Dalam sebuah hadist nabi bersabda : "Ta'allamul faraidho wa 'allimuhannasa fa innaha nisful ilmi" -pelajarilah ilmu faraidh dan ajarkanlah kepada manusia sesungguhnya itu separoh ilmu.

Teman-teman forum dudung dot net yang dimuliakan Alloh, insya Alloh...

Sebagai moderator di forum ini, izin aku membuka thread sesuai dengan judulnya "ilmu al-mawarits/ilmu al-faraidh" atau yang sering kita dengan dengan ilmu yang membahas tentang warisan. Aku ingin mengajak teman-teman semuanya membahas ilmu ini, Siapa-siapa mereka yang berhak menerima warisan dan bagaimana kadar bagian masing-masing mawarits? dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan ilmu ini. Kalo boleh aku berkata ilmu ini hampir langka di negara kita indonesia.

Seperti halnya yang terjadi dalam keluarga bapak saya sendiri, bapak saya anak keempat dari 5 bersodara. Kakek saya meninggal dunia kira-kira 6 bulan sebelom lahir bibi yang terakhir (adek bapak). dan nenek meninggal dunia saat melahirkan bibi ku yang terakhir. Akhirnya mereka di asuh oleh adeknya kakek atau bibinya bapakku.

abang bapakku (uwak) waktu itu berumur kelas 2 sma, Kakek termasuk orang yang lumayan kehidupannya, dia banyak meninggalkan harta warisan, Namun di karnakan mereka (bapak,bibi,uwakku) masih kecil-kecil dan tidak tau dengan harta peninggalan kakek, akhirnya saudara kakek, mengambil harta kakekku tersebut, hanya tidak sedikit yang di waritskan kepada mereka.

Nah, dalam pembagian warisan dari kakek, bapak dan uwak sering berantam, berantam mulut atau berantam betulan (pake pisau lagi) karna bapak dan uwaklah yang cowok, yang tiga lagi cewek... Sekalipun sering berantam ... ya... karna bapak lebih kecil (adean) dia lebih sering mengalah. Hingga hampir 1/2 dari harta warisan yang ada diambil uwak. Dan sampe sekarang uwakku yang cewek dan bibiku belom dapat warisan sama sekali.

Paham gak ceritanya? aku juga bingung bacanya

Udah ah lupakan itu semuanya, sekedar pembukaan panjang lebar aku ngomong intinya cuma satunya... kita bahas warisan di thread ini. mumpung ada yang bisa kita andalkan dalam hal ini? tet.. tet.. tet... siapa dia? (lah... siapa lagi kalo bukan bangsholeh ) gak kok canda aja... aku juga masih belajar dalam hal ini, jadi kita sama sama belajar di tentang ini di forum ini... mau kan!
Tercatat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar